KOPERASI DALAM BERBAGAI STRUKTUR PASAR
I. Koperasi dalam Pasar persaingan sempurna
Persaingan sempurna adalah struktur pasar
yang paling banyak digunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan
perencanaan suatu perekonomian.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1.
Banyak penjual dan pembeli
2. Produk
yang dihasilkan perusahaan bersifat homogen
3. Perusahaan
bebas keluar masuk pasar
4. Para
pembeli dan penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai kondisi pasar,
struktur harga dan kualitas barang.
Yang perlu dicermati dari konsepsi pasar
persaingan sempurna ini bagi koperasi sebagai perusahaan di pasar global adalah
:
1. Total
penerimaan koperasi hanya ditentukan oleh jumlah produk yang dijual karma harga
adalah konstan
2. Harga
pasar tidak dapat dikendalikan oleh koperasi ataupun perusahaan lain secara
perseorangan
3. Perubahan
harga pasar hanya terjadi karena adanya perubahan pada kurva permintaan pasar
atau pada kurva penawaran ataupun karena kedua-duanya.
Oleh sebab itu persaingan harga tidak cocok
oleh para pelaku bisnis termasuk koperasi di pasar persaingan sempurna.
Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih
besar maka koperasi harus mampu bersaing dalam hal biaya.
Menurut konsepsi koperasi biaya produksi
akan dapat diminimumkan berdasarkan skala ekonomi baik sebagai koperasi
produsen mupun konsumen.
II. Koperasi Dalam Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah bentuk dari
organisasi pasar dimana hanya ada satu perusahaan /penjual suatu produk di
pasar yang bersangkutan.
Ciri-ciri :
1. Produk
yang dijual tidak ada produk substitusinya, artinya tidak dapat digantikan
penggunanya oleh produk lain
2. Konsumen
banyak
3. Memasuki
industri yang menghasilkan produk monopoli baik secara legal maupun alamiah
sangat sulit bahkan tidak mngkin
Berdasarkan ciri tersebut nampaknya sangat
sulit bagi koperasi untuk menjadi pelaku monopoli dimasa yang akan datang baik
dalam cangkupan lokal, regional, dan nasional.
III. Koperasi Dalam Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar Persaingan Monopolistik dapat
diartikan sebagai pasar monopoli yang bersaing.
Disimpulkan bahwa pasar suatu produk
dikatakan berada dalam keadaan persaingan monopolostik apabila dalam pasar
tersebut terdapat cirri-ciri pasar persaingan monopolistic.
Ciri-ciri:
1. Banyak
penjual dari suatu produk yang beragam
2. produk
tidak homogen
3. ada produk
substitusinya
4. keluar
masuk pasar relatif lebih mudah
5. harga
produk tidak sama disemua pasar
http://lirin021206.wordpress.com/2010/12/30/koperasi-dalam-berbagai-struktur-pasar/
https://www.google.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar