Para ahli berpendapat
mengenai definisi Perilaku Konsumen, sebagai berikut ;
1. Gerald Zaldman dan Melanie
Wallendorf (1979:6) :
Perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan,
proses, dan hubungan social yang dilakukan individu, kelompok, dan
organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai
suatu akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan
sumber-sumber lainya.
2. David L. Loudon dan Albert
J. Della Bitta (1984:6) :
Perilaku konsumen dapat didefinisikan sebagai proses pengambilan keputusan dan aktivitas
individu secara fisik yang dilibatkan dalam proses mengevaluasi, memperoleh, menggunakan
atau dapat mempergunakan barang-barang dan jasa.
3. James F. Engel et.al
(1968:8) :
Perilaku konsumen didefinisikan sebagai
tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh
dan menggunakan barang-barang jasa ekonomis termasuk proses pengambilan
keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.
4. Schiffman dan Kanuk (1994 :
7) :
Istilah perilaku konsumen diartikan sebagai
perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan
memuaskan kebutuhan mereka.
5. Menurut Solomon (2007) :
Studi
Perilaku Konsumen merupakan proses ketika individu atau kelompok menyeleksi,
membeli, menggunakan atau membuang produk, pelayanan, ide dan pengalaman untuk
memuaskan kebutuhannya.
6. Swastha dan Handoko (1987 :
9) :
Mendifinisikan perilaku
konsumen sebagai tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha
memperoleh dan menggunakan barang dan jasa ekonomisalnya, termasuk kegiatan
pengambilan keputusan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar