Perilaku Konsumen didefinisikan sebagai tindakan yang
langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk atau
jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan yang menyusul tindakan itu.
Asosiasi Pemasaran Amerika dalam Setiadi (2003:3) mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan
kejadian di sekitar kita dimanamanusia melakukan aspek pertukaran dalam hidup
mereka.
Terdapat tiga ide penting perilaku konsumen dalam pengertian
tersebut :
A. Perilaku Konsumen melibatkan pertukaran
Karena itu peran pemasaran adalah
untuk menciptakan pertukaran dengan konsumenmelalui penerapan berbagai strategi
pemasaran.
B. Perilaku Konsumen melibatkan interaksi
Afeksi (perasaan), kognisi (pemikiran),
perilaku dan kejadian di lingkungannya.
C. Perilaku Konsumen bersifat dinamis
Dengan artian bahwa perilaku konsumen,
kelompok konsumen, atau masyarakat luas selalu berubah dan bergerak sepanjang
waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar